Trashy visual shit that i love... Ayakashi Mononoke (2007) ★★★★★

waspadailah beberan #alah *spoiler alert, bacalah tulisan ini dengan resiko yang dapat mengurangi kenikmatan menonton film aslinya.

Table of Contents

Pendahuluan 

TV serial ini adalah anime yang pertama kali disiarkan Fuji TV, dengan judul Ayakasihi , Samurai Horror Tale dan dilanjutkan sebagai spin-off yang berjudul Ayakashi Mononoke. Gue saranin untuk menonton Nue dan episode pertama-nya dari judul aselinya; BakeNeko versi pernikahan (bukan seri yang terakhirnya). Lima seri ini terbagi menjadi sebelas episode berdurasi 30 menit. Kualitas download-nya sudah HD dan bagi anda yang ingin menonton streaming bisa langsung googling di Youtube.com dan Veoh.com. Artikel ini adalah ulasan atau review dari anime Ayakashi Mononoke (2007). 

Seperti komitmen awal kita, disini gue akan membahas cerita ini dari segi penulisan dengan asumsi kita akan membedahkan dari perspektif storytelling yang dapat kita gunakan sebagai referensi penulisan. Sejak anime ini adalah genre horror maka sangat diutamakan sekali untuk bisa menggunakan gaya tutur cerita yang diperuntukan bagi kalian yang ingin menulis film horror nanti. Pada intinya cerita anime ini berpusat pada seorang penjual obat yang misterius, membongkar sebuah kejadian - kejadian yang melibatkan makhluk halus atau ghaib, yang sangat dikenal di Jepang dengan nama bakemono atau Mononoke. Makhluk halus ini ada banyak jenis-nya dan penuturan cerita ini berusaha menjelaskan sifat dan karakter masing - masing makhluk ini seperti gaya cerita salah satu manga terkenal, Hell Teacher Nūbē. Hanya saja Ayakashi Mononoke hanya menceritakan lima makhluk ghaib saja.

Anime ini menggunakan gaya visual yang khas dan berbeda dengan anime lain yaitu dengan memaskukan unsur lukisan jepang atau dikenal dengan nama Ukiyo-e. Pada konsep ini, ada gaya gaya dengan menggunakan tekstur kertas dan paduan mosaic antara animasi, CG dan juga goresan mangga yang menjadi satu dalam gerak animasi yang sangat indah. Berbagai ulasan dan juga review dilakukan kepada karya ini sebagai masterpiece.

Alur Utama

Perjalanan seorang penjual obat keliling bernama Kusuriuri ini menjadi pusat cerita, menemui berbagai fenomena di sepanjang perjalanan. Anime ini berlatar Jepang di zaman Pasca Restorasi Meiji (1866), walaupun kebanyakan episode menunjukan era Edo (Shogun Tokugawa). Keduanya memiliki persamaan tentang Jepang yang masing berkembang dan menunjukan sebuah gaya dimana para Samurai masih berkeliaran, era ini berkisar tahun 1600-1800. Melewati pemukiman, pedesaan, istana dan bangunan besar nan megah, dan bahkan melewati lautan hingga pada sebuah kawasan yang sepi tak bertuan. Tempat-tempat dalam perjalanan ini membawakan masing-masing cerita yang unik dan juga menarik dalam mengarungi sebuah dunia tersembunyi. Rahasia tempat-tempat ini menyimpan cerita yang hanya diketahui oleh para penghuni alam ghaib. Berbagai kejadian aneh yang hanya bisa diungkap melalui makoto dan kotowari yang disimpan oleh makhluk-makhluk ini, dan dunia manusia tidak boleh terlewati kegelapan. Tugas sang penjual obat ini memastikan untuk mengembalikan keadaan, agar kebenaran hanya boleh diketahui manusia tanpa dipermainkan atau dimanfaatkan kegelapan.

Anime ini menawarkan aksi pertarungan antara penjual obat dan makhluk ghaib, dalam konsep visual yang menakjubkan. Pada tingkat penceritaan, kita mengikuti gaya detektif yang mencoba menyelidiki sebuah kasus pembunuhan. Akan tetapi pada tingkat makna, cerita ini akan menjadi abadi karena membicarakan gagasan filosofis tentang kebenaran yang akan selalu terngiang dalam kepala.

Adalah Katachi (形) atau bentuk , Makoto (真) atau kebenaran , dan Kotowari (理) atau makna* yang harus diungkap oleh penjual obat, dan seperti dalam filosofi kita mencari hakikat keberadaan untuk memahami sejarah dibaliknya. Ketika hanya itu sang penjual obat menjalankan tugas langat untuk menyeimbangkan alam dengan membunuh makhluk hidup itu dengan pedang-nya Kusuriuri.

Zashiki-warashi 座敷童子★★★★☆

Sebuah penginapan menerima seorang perempuan yang berambut putih dan juga bermata biru, sang penjual obat menyadari bahwa penginapan itu adalah sebuah tempat bersinggah lelaki berhidung belang. Ketika ditempatkan pada ruangan penginapan, sebuah makhluk halus dalam bentuk anak anak ketil mulai mengganggu, menginginkan untuk memasuki perut si perempuan bermata biru karena ternyata tengah mengandung. Sang pemilik penginapan, dan juga pelayan harus menghadapi sebuah nasib buruk karena menyimpan sebuah aib.

Umibōzu 海坊主 ★★

Ketika melintas lautan untuk menuju pulau utama, sang penjual obat bertemu dengan kawan lamanya (juga tokoh dalam Bake-Neko episode pertama, versi pernikahan). Di tengah lautan mereka menemui makhluk halus yang menganggu yang hendak mencelakai mereka jika tidak ditangani cepat. Pada perahu yang mereka gunakan, ada sebuah rahasia yang harus diungkap sebelum makhluk ini mengamuk.

Noppera-bō のっぺらぼう ★★★

Melintas sebuah pemukiman, seorang perempuan tertangkap karena telah melakukan kejahatan karena telah membunuh suami beserta keluarga-nya. Terungkap ternyata perempuan ini telah "dijual" oleh ibunya sendiri untuk menaikan derajad keluarganya. Tetapi, perempuan ini tidak paham atas perbuatannya dan juga menyesal sehingga terlihat bahwa apa yang dilakukan itu adalah sebuah kewajaran. Pengungkapan ini ternyata menunjukan sebuah cermin atas diri sang penjual obat, yaitu seorang yang mampu menggali tentu pandai untuk mengubur.

Nue 鵺 ★★★

Empat pengembara terkumpul pada sebuah bangunan megah, disambut oleh seorang perempuan tua yang melayani pemilik bagunan tersebut. Seorang gadis cantik yang diwariskan harta kekayaan hendak memberikan tantangan kepada empat pengembara tersebut. Mereka harus mengikuti sebuah permainan yang membedakan harum gaharu, yang harus diceritakan melalui ornamen kubus. Satu dari empat pengembara itu tidak muncul dan digantikan oleh penjual obat. Mengikuti permainan itu, sang penjual obat mengungkap sebuah keanehan dari ketiga pengembara itu, kecemburuan atas hasrat untuk menguasai sang gadis. Satu per satu hilang dalam bangunan tersebut hingga tersisa hanya dia dan si gadis, atau apa yang terlihat sebagai gadis.

Bakeneko 化猫 ★★★

Mencapai pusat kota, modernisasi dan juga kecanggihan teknologi. Satu satunya episode yang menunjukan pascara restorasi Meiji, dimana sudah ada koran, pemerintahan yang maju dan juga pembangunan. Warga Tokyo sangat ingin melihat kereta listrik yang akan dipergunakan pertama kali sebagai transport umum. Tetapi dalam perjalanan uji coba, si penjual obat dan beberapa tokoh masuk ke dalam sebuah dunia ghaib memaksa mereka mengakui sebuah dosa dengan ancaman seekor siluman kucing, Bakeneko.

Baca juga:

Penutup

Ada episode yang tidak diulas dan itu adalah Bakeneko episode pertama (versi penikahan) yang sudah diberikan tautannya diatas jika mau menontonnya. Anime ini adalah sebuah anime yang sangat menghibur dan juga memiliki sebuah makna mendalam sehingga abadi bahkan sampai kapanpun, karena menyatukan berbagai makna. Ayakahsi Mononoke adalah sebuah anime yang penggarapannya lumayan serius yang mendapatkan banyak pujian dari berbagai reviewer dan dianggap sebagai higg-culture yang mengandung banyak makna sehingga memiliki sebuah kedalaman yang kadang membuat kita merenung tentang kehidupan. Selain anime dan ceritanya, salah satu konsep yang perlu diacungi jempol adalah lagu OST yang sangat enak didengar diantaranya adalah Natsu no Hana oleh Juju, Heat Island oleh Rhymester dan Kagen no Tsuki oleh Komatsu Ryota and Charlie Kosei. OST full bisa didengar disini.

Update 2023, anda bisa menonton ayakashi di youtube, dan ayakashi the movie 2023 akan segera tayang, trailer.


*Katachi (形) - form or shape. Used in the sense that the form of a thing
Makoto (真) - truth. As in, the reality or the actual shape of things (like without any worldly illusions), like the actual form of the soul.
Kotowari (理) - reason. Like the reason for existence of a soul.

Posting Komentar

0 Komentar