Catatan Pengajar | Contoh Premis Film dari Kelas Menulis September 2022 (hari ke 2)


Pada hari ke-dua, para peserta ajar lebih bersemangat dengan memberikan beberapa contoh premis yang bisa terbahaskan dibawah ini. Berikut adalah contoh-contoh premis yang bisa dibaca dan dipelajari. Pertama mari kita bahas tiga premis yang disampaikan oleh peserta ajar Lianty El

01. Seorang perempuan bernama Rania menyimpan rasa suka kepada seorang laki-laki potografer  dan berusaha ingin menjadi pasangan hidupnya nanti namun lelaki potografer itu ternyata sudah mempunyai seorang istri. 

02. Seorang lelaki bernama Syarief Kristof memendam perasaan suka kepada seorang wanita muslimah itu yang ingin dijadikan pendamping hidupnya tetapi proses ta'aruf nya ditolak oleh orangtua wanita itu.

03. Seorang Arina belakangan ini merasa ada yang mengawasinya menurut paranormal ada makhluk ghaib merasuki tubuhnya dan ingin membuatnya depresi berat namun ada lagi yang mengirim sihir kepadanya.

Langkah-langkah revisi yang dilakukan pada premis adalah melakukan tulis ulang dengan kaedah kalimat efektif. Selain itu juga menghapus penunjuk subjek seperti "seorang" atau jenis kelamin di awal nama karakter "perempuan" "lelaki" "laki-laki" dengan langsung menyebut namanya saja dan menyertakan karakterisasinya. Menghapus pengulangan kata "fotografer" dengan menggunakan kata penunjuk kepemilikan "nya" dan juga menggunakan kara kerja "ber" sehingga menjadi 

Rania, perempuan lugu yg menyukai fotografer dan ingin menjadikan dia pendamping hidupnya walaupun sudah beristri.

Masih menggunakan cara yang sama, sehingga premis ke-dua dan ke-tiga menjadi 

Syarief Kristof, memendam perasaan terhadap wanita muslimah bernama Shailah dan ingin menjadikan dia istrinya namun dalam proses ta'aruf mengalami penolakan oleh orang kedua tuanya.

Arina, merasa ada yang mengawasinya dan diketahui ada makhluk ghaib yg merasuki dirinya dan membuatnya depresi ingin berpindah rumah namun diketahui ada yang melakukan ilmu sihir kepadanya.

Melalui premis yang telah dituliskan, bisa tergambarkan bagaimana proses karakter utama dalam memenuhi keinginannya yang dihadapi dengan berbagai rintangan yang datang dari konflik.

Catatan yang bisa diberikan melalui pembelajaran kelas ini adalah seorang penulis pemula harus lebih paham cara menggunakan bahasa, dalam hal ini adalah bahasa Indonesia dengan menambahkan pembendaharaan diksi. Selain itu, itu selalu mencari cara untuk mengefektifkan kalimat dalam premis agar bisa memenuhi kelogisan premis cerita secara utuh, yaitu adanya karakter, keinginan dan konflik.

Itulah materi tentang cara menulis premis dan juga contoh-contoh premis yang bisa disampaikan pada artikel ini sebagai bahan pembelajaran. Jika kalian ingin mengapresiasi artikel ini, memiliki pertanyaan atau sekedar menanggapi maka kalian bisa mengiisi kolom komentar dibawah ini.

Selanjutnya; contoh premis (hari ke 3-4)


Posting Komentar

0 Komentar