Contoh Pembelajaran Penulisan: Analisa Skrip Komik Karya Reno Waseso #1

Dalam artikel ini kita akan membahas tuntas tentang skrip mulai dari bagian - bagiannya sampai bagaimana kita menulis skrip dengan baik. Contoh naskah film ini sebenarnya dibuat untuk terbit pada sebuah komik yang ditulis oleh Reno Waseso Putro Utomo. Skrip ini akan kita analisa dan juga akan kita revisi, namun demikian acuan-nya disini akan menggunakan kaedah penulisan skrip film sehingga penulisan ini selayaknya contoh sebuah naskah film. Sebelum kita bisa lanjut mari kita bahas bagian - bagian dalam skrip film untuk kemudian bisa dipahami bersama. Proses menulis skrip ini kita menggunakan software Final Draft 8 yang disimpan dalam format PDF. Akan diperlihatkan juga skrip asli yang diberikan kepada kita, sehingga bisa terlihat perubahannya. Silahkan lihat naskah asli pada Skrip Asli dan naskah yang sudah di tulis ulang pada Skrip Revisi.

Skrip ini menggunakan bahasa Inggris dan diperlukan 2 jam dalam penulisan ulang-nya (revisi), artinya revisi ini termasuk yang ringan. Adapun yang kita gunakan sebagai acuan dalam revisi ini adalah;
  1. Menggunakan kaedah penulisan skrip yang formal yakni penulisan slugline (keterangan lokasi), tindakan, penulisan karakter untuk pertama kali muncul, karakter dan dialog.
  2. Membuat setiap kalimat lebih pendek dengan menghapus pengulangan.
  3. Pengadeganan yang lebih visual.
  4. Memendekan dialog yang panjang, menggunakan dialog yang memunculkan kekhasan setiap tokoh (karakter), mempertahankan konsistensi kekhasan tokoh (karakter). Untuk penjelasannya bisa lihat dibawah.
  5. Menggunakan kaedah visualisasi seperti contoh transisi cutting yang lebih tepat dan timing.
Untuk bagian dalam skrip serta contoh format naskah nya adalah sebagai berikut;


Baca juga;


Demikian telah dijelaskan cara penulisan naskah film serta bagaimana penerapannya dengan contoh naskah film yang telah diberikan dalam bentuk grafis. Untuk pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Bagi yang ingin menyerahkan naskah-nya untuk dianalisa silahkan menuju halaman kontak.

Silahkan lanjut membaca analisa skrip pada bagian ke-2: Analisa Skrip Komik Karya Reno Waseso

Posting Komentar

0 Komentar