Cara Menulis Treatment dengan Baik dan Benar


Artikel ini adalah sebuah tanggapan dari berbagai artikel di internet tentang penulisan treatment dan juga berbagai versi penulisannya. Artikel ini adalah menjelaskan penulisan treatment yang benar menurut kaedahnya di produksi audio-visual. Pertama, mari kita kaji istilahnya terlebih dahulu; treatment berarti "perlakuan" yang bermaksud untuk diperuntukan untuk ditunjukan. Ketika menulis naskah film, tidak serta merta langsung menjadi draft tetapi melalui beberapa tahap. Treatment dimaksudkan untuk menunjukan adegan-adegan yang telah dikembangkan dari sinopsis. "Perlakuan" disini maksudnya adalah "upaya mengembangkan" sinopsis menjadi adegan. Tentu upaya tersebut memerlukan cara tertentu, yakni memvisualkan eksposisi.    

Ada 2 makna treatment yang dimaksudkan. Pertama di A.S. dan internasional, yang mana menunjukan ide cerita film. Berisikan judul, logline, sinopsis, aktor dan daftar karakter. Sedangkan di Indonesia, sebuah treatmen atau treatment adalah daftar adegan atau slugline yang berisikan penjelasan eksposisif tentang adegan dengan nomer scene. Jelas dari penjelasan diatas memang berfungsi untuk menunjukan tetapi merujuk pada 2 hal yang berbeda. Sekarang kita disini adalah untuk menuliskan definisi treatment untuk di Indonesia, yaitu daftar scene yang dikembangkan dari sinopsis.

Kedua, untuk lebih tepat dan benar, istilah treatmen di Indonesia lebih baik menggunakan istilah yang yang lebih tepat yaitu "scene-plot" karena berisikan scene dan susunan plot. Treatment adalah sebuah tahapan yang digunakan untuk melihat terlebih dahulu gambaran yang nanti hendak dikembangkan menjadi adegan yang lengkap dengan dialog. Artinya dalam scene-plot yaitu adalah narasi eksposisif, yang hanya 1-3 kalimat tanpa dialog.

Penulisan Scene Plot itu mengarah pengadeganan dengan bahasa visual. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan treatment atau scene plot a.l.;

  1. Gambaran umum yang terjadi jika terlihat pada layar, tanpa dialog.
  2. Jika ada karakter yang bicara, sebutkan kan saja inti pembicaraannya.
  3. Semua karakter yang muncul pertama kali menggunakan kapital dan umur.
  4. Scene diberikan nomor, EXT - INT menjelaskan di dalam atau diluar ruangan, lokasi dan juga waktu untuk kejelasan pencahayaan
  5. Gunakan SPOK.

Untuk contoh penulisan treatment mari kita pertama lihat logline dan sinopsisnya terlebih dahulu. ini adalah perumpamaan dari film terkenal yang dibintangi Jack Nicholson dan Diane Keaton. Silahkan tebak film ini dan untuk jawaban film bisa dilihat dibawah "Lihat Jawaban"   

JUDUL Vice Versa

Logline; Ketika dua orang yang berumuran 50-60 tahun hendak mencari kesempatan kedua kalinya untuk jatuh cinta, namun sudah merasakan pahit hidup serta meragukan kebahagiaan.

HERI (60) adalah pemilik perusahaan rekaman music yang kaya raya namun hanya berkencan dengan wanita di bawah 30 tahun, termasuk pacar terbarunya, MARI (26). Keduanya travelling ke rumah pantai milik ibu Mari di Pasir Puith dengan harapan akan bisa berduaan. Tetapi ibu Mari, VERONIKA (48) adalah seorang penulis novel ternama dan KEKEY (45), saudara perempuannya datang tiba-tiba.

Berempat, Heri, Mari, Vero dan Kekey berkumpul untuk makan malam namun canggung. Karena merasa aneh dan awkward, Mari dan Heri berlagak tidur terpisah, namun menyelinap untuk tidur bersama namun menjadi bencana karena Heri mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit. Dokter muda, IAN (32) yang merawat memberitahu Heri untuk tinggal di sekitar situ selama beberapa hari. Mari, mendapatkan panggilan keesokan harinya untuk pulang ke Jakarta, sedangkan Kekey diminta untuk menghadiri urusan keluarga. Akhirnya Heri diinapkan dirumah Vero.

Walau diawal Heri enggan tinggal bersama Vero, Kepribadian mereka bentrok dan menciptakan pengaturan hidup yang canggung. Akan tetapi mereka segera menemukan kualitas yang menarik satu sama lain dan mulai membentuk hubungan. Hubungan Heri dan Vero mulai berkembang, namun juga Vero mulai tertarik dengan dokter yang merawat Heri. Mari memberi tahu ibunya bahwa dia akan putus dengan Heri, tetapi dia mengakhiri terlebih dahulu. Harry dan Vero menghabiskan lebih banyak waktu di rumah pantai dan akhirnya sempat mengalami kedekatan. Seusai itu mereka berpisah dengan benih benih yang membekas, akan tetapi kedewasaan mereka menghalangi untuk terlalu jatuh dalam perasaan. Apalagi Heri yang jelas ragu untuk memasuki hubungan yang serius. ......... contd. 

ini adalah cara menulis treatment atau scene plot dengan baik dan benar dalam mengembangkan paragraf 1 dan 2 

dan ini adalah bagian selanjutnya yaitu adalah paragraf 3



Demikianlah contoh pengembangan penulisan treatment atau scene plot yang dikembangkan dari sinopsis. Tahapan penulisan treatment adalah bagian dari tahapan dalam menulis naskah film, yang mana tahap selanjutnya adalah penulisan draft pertama. Gimana menurut anda ? silahkan berikan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Siap, Pak. Puji Tuhan, akhirnya bisa juga. :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak, Pak Moreno dan tim. Materi tentang treatment ini sangat mudah dimengerti dan dipahami. Semangat selalu mengajar kami. Tuhan memberkati. :)

    BalasHapus