Ulasan Buku Penulisan Skenario Film | Memasak Cerita


Ulasan buku ini adalah ulasan yang ketiga selain "Skenario Film" dan juga "Menulis Cerita Film Pendek" yang mana disertakan oleh Pusat Pengembangan Film dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai modul penulisan skenario film. Buku ini adalah salah satu perwujudan komitmenn lembaga pemerintahan Indonesia dalam membentuk standar kompetensi di bidang penulisan film. Deskripsi Fisik Buku:

  • Judul buku ; Memasak Cerita
  • Penulis; Perdana Kartawiyudha (koordinator), Damas Cendikia, Rahabi Mandra dan Nabilah Putri Dewani
  • Penerbit; Pusat Pengembangan Perfilman, Kemdikbud
  • Tahun terbit 2017
  • ISBN; -
  • Jumlah halaman; Indeks 3 halaman, isi 142 halaman
 

Buku ini diperuntukan untuk mereka yang sudah menulis di tingkat menengah dimana terlibat dalam penulisan film panjang atau serial TV. Semula pada buku "Menulis Cerita Film Pendek" para pembaca diharapkan memahami hal-hal mendasar, namun sekarang lebih merinci pada prihal character development atau pengembangan karakter melalui Chacarter Arc. Buku ini juga menjelaskan bagaimana bisa membuat karakter yang menarik dan dengan memahami wants dan needs. Selain itu juga menyesuaikan karakter dengan plot dan sub plot.

Salah satu unsur yang paling penting dalam film berdurasi panjang adalah bagaimana menutup cerita dengan ending yang baik. Tentu masalah ending ini dikaitkan dengan opening film dan juga setting dan point of view.

Buku ini adalah sebuah buku yang wajib dibaca karena sudah dilengkapi dengan latihan dan juga semua rincian yang lengkap sehingga boleh dianggap sebagai buku kerja (workbook) yang paling utuh menjelaskan Skenario Film secara utuh. Ouput buku adalah skenario film berdurasi panjang, lengkap dengan formulasi cerita, karakter dan plot hingga format penulisannya.

Berikut adalah penjelasan singkat masing masing bab dalam buku
  • Bab 1 Memasak Cerita ; bagian ini menjelaskan bagaimana menulis diumpamakan seperti memasak yang mana perlu terlebih dahulu menyiapkan bahan yaitu ide dan juga menu yakni genre. Bagian ini menjelaskan bagaimana mendapatkan ide dan juga sebuah menyediakan sumber-sumber yang bermanfaat dari internet.
  • Bab 2 Logline Cerita Film Panjang ; bagian ini menjelaskan bagaimana secara praktis mengolah ide menjadi logline dengan langkah-langkah penulisan yang lengkap dengan format-nya. Cara penulisan ini juga dibentuk dengan format yang mana bisa dipaparkan kepada pembuat film dan atau mereka yang memiliki kepentingan dalam pengembangan film tersebut.
  • Bab 3 Tipe-tipe Karakter ; bagian ini menjelaskan berbagai kelompok dan klasifikasi karakter berdasarkan fungsi, dimensi, perubahan dan Archytipe. Disini, juga dijelaskan bentuk-bentuk karakter yang biasa muncul dalam cerita seperti Hero, Warrior, Mentor Trickster dll. Juga bentuk bentuk karakter dalam cerita seperti protagonis, antagonis, kontagonis dll.
  • Bab 4 Karakter Tiga Dimensi ; bagian ini menjelaskan bagaimana karakter dibentuk berdasarkan cara memunculkan fisionomi, sosiologi dan psikologi. 
  • Bab 5 Character's Back Story ; bagian ini memformulasikan unsur-unsur penting yang harus dimiliki karakter sebagai petunjuk pada penulisan cerita. unsur-unsur ini adalah antara lain; goal, motive, obstacle, weakness, stake dan action. 
  • Bab 6 Menciptakan Protagonis & Antagonis Yang Mengesankan ; bagian ini menjelaskan memenuhi unsur-unsur penting dalam karkater antagonis dan protagonis yang harus dilengkapi.
  • Bab 7 Mendesain Perkembangan Character (Character Arc) yang Menarik ; bagian ini menjelaskan bagaimana perubahan bisa terjadi pada karakter berdasarkan refrensi yang mudah dipahami.menjelaskan 
  • Bab 8 Wants v.s. Needs ; bagian ini menjelaskan perbedaan antara unsur wants dan needs dalam karakter yakni wujud tujuan yang berbentuk dan tidak berbentuk.
  • Bab 9 Main Plot & Sub-Plot ; bagian menjelaskan adanya sebuah cerita utama dan menempatkan cerita di dalam cerita sesuai porsinya yang dapat mempertahankan perhatian penonton hingga film selesai
  • Bab 10 Suspence & Surprise ; bagian ini menjelaskan bagaimana menciptakan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk penceritaan yang menimbulkan harapan pada penonton sehingga menjadikan cerita sebuah pengungkapan pengalaman yang menarik untuk ditonton.
  • Bab 11 Opening & Ending, Membukan dan Menutup Film ; bagian ini menjelaskan kesinambungan antara awal dan akhir film dengan cara-cara yang sesuai alur sehingga meninggalkan kesan yang mendalam pada penonton film
  • Bab 12 Setting ; bagian ini menjelaskan pengadeganan dalam sebuah penceritaan yang bisa merangkum pesan-pesan penulis melalui karakter dan lingkingan pada setiap plot. 
  • Bab 13 Point of View ; bagian ini menjelaskan bagaimana cara pandang tokoh dan atau cara pandang penceritaan dari orang pertama hingga ketiga dalam penceritaan.
  • Bab 14 Gaya Bahasa ; bagian ini menjelaskan bagaimana penulisan dalam format penulisan yang betul sesuai dengan perannya.
  • Bab 15 Penyelesaian Masalah ; bagian ini menjelaskan berbagai permasalah yang bisa muncul dalam penulisan dari mulai sifat kreativitas, kebosanan, writer's block hingga bagaimana menangani revisi dengan sikap yang profesional.
Baca juga: 

Buku ini adalah sebuah buku yang juga wajib dibaca oleh semua penulis yang ingin menekuni di bidang penulisan skenario film karena berbagai penjelasan yang teknis dan juga rinci. Buku ini juga menyertakan berbagai lampiran seperti format penulisan, lembar tugas dan juga latihan yang bisa diterapkan untuk mempersiapkan diri dalam penulisan skenario durasi panjang.

Posting Komentar

0 Komentar