Resep atau Formula Khusus dalam Cerita ketika Menulis Skenario Film


Dia pun percaya bahwa setiap penulis memiliki "bumbu" (secret sauce) tersendiri yang membedakan dari penulis lain.

Ketika mendengarkan wawancara Muhammad Diab sebagai sutradara yang memproduksi film seri Moon Knight (2022), mengatakan bahwa dia telah mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk film tsb. Dia bahkan melakukan pitch yang menurut dia paling lengkap dan mencakup semua hal, termasuk aktor, cerita, visi dan misi, bagaimana menggambarkan Mesir, kostum dan bahkan musik yang menjadi OST (original soundtrack) yang paling berkesan yaitu Sa'aat Sa'aat oleh Sabah dari tahun 1980.

Muhammad Diab adalah seorang penulis film dan juga seorang sutradara dari Mesir yang diberikan kesempatan untuk mengerjakan proyek Moon Knight dari MCU (Marvel Cinematic Universe) , karena latar belakang dirinya yang kelahiran Mesir. Setelah melakukan pitch yang melelahkan, Diab mengatakan kepada co-writer yang juga istrinya bahwa mereka akan mendapatkan proyek itu atau ada sesuatu yang salah dengan dunia ini.

Muhammad Diab, dalam sebuah wawancaranya mengatakan bahwa dia ingin memperlihatkan sesuatu yang berbeda. Ketika berkesempatan muncul pada wawancara lain dia mengatakan bahwa ada formula yang dia bawa dalam Moon Knight. Dia pun percaya bahwa setiap penulis memiliki "bumbu rahasia" (secret sauce) tersendiri yang membedakan dari penulis lain.

Untuk apa dan bagaimana rumus atau kekhususan yang ada dalam penulisan milik Diab, memang sesuatu yang perlu kita kaji, karena kita pun tahu bahwa itu adalah hal yang istimewa yang mana menjadi identitas penulis yang selalau dijaga. Diab tidak menjelaskan apa yang khusus dalam "bumbu-nya" dalam membawakan Moon Knight yang dia garap. Adapun yang dia hendak bawakan dalam film yang bisa kita tebak - tebak sebagai rumus atau "bumbu" dan kekhususan ini adalah a.l.;

  1. Bringing darkness; Dia menggunakan pendekatan psikologis yang mana menjelaskan bagaimana seorang bisa menekan emosi, dan ini adalah salah satu konsep Jungian mengenai Shadow.    
  2. Magic to the table, dia mencoba menangkap / mengambil gambar - gambar yang menunjukan yang keunikan dan juga berbeda. Dia berangkat dari ekspresi skenario itu sendiri, dan aksi-reaksi dalam menunjukan visual yang unik. 
  3. My film si mostly about strong woman; ini adalah pendekatan yang dia sertakan dari film - film sebelumnya, dia memperlihatkan bahwa seorang pahlawan itu adalah seorang yang lemah yang ingin mengatasi masalah dengan menjadi orang yang kuat. Walaupun Moon Knight berpusat pada tokoh Steven (lelaki) kita bisa melihat bagaimana kelemahan tokoh tersebut mencoba menopang kehidupannya yang misterius; tidak memiliki teman, mendapati tekanan dari rekan kerja, tidak bisa membedakan mimpi dan realita, dll. Pada akhir nya, film ini juga sempat memperlihatka hero Scarlet Scarab, salah satu hero perempuan dari Mesir.
Film Moon Knight menceritakan tokoh pahlawan (superhero) yang dibangkitkan oleh Dewa Khonsu, yang berasal dari mitos Mesir atau Firaun. Dalam cerita ini, bahkan kehadiran Khonsu pun merupakan kemisteriusan tersendiri yang mana penonton awam mungkin akan bertanya tanya mengenai keberadaanya. Moon Knight berseri hingga 6 episode, yang setiap episode berdurasi sejam.

Baca juga:

Muhammad Diab, dibantu dengan dua sutradara lainnya membuat film seri ini dan menjadi sebuah sensasi di internet kesan yang sangat mendalam dari tokoh utama Steven. Selain aksi pertarungan, film ini juga menunjukan adegan yang mendalam yang bisa menguras emosi. Muhammad Diab, bahkan pernah mengatakan bahwa film bahkan tidak berfokus pada aksi laga, dan bahkan bisa membuat film ini tanpa adegan pertarungan apapun. Diab mengatakan bahwa semua orang dalam produksi membawa hal - hal yang berbeda, seperti Steven Fiege, Justin Benson dan Aaron Morehead. Bersama, mereka memberikan sebuah film seri dimana semua memberikan bumbu rahasia mereka masing masing.

Posting Komentar

0 Komentar