Contoh Premis Film Pendek | Semua Premis dari Film Pendek Love, Death and Robot Season 1 bag. pertama


Film film pendek yang bergenre sci-fi ini memberikan sebuah cerita yang sangat menarik dengan fantasi teknologi dan juga gambaran nasib manusia di masa depan. Film-film pendek ini menggabungkan berapa esensi manusia, yaitu cinta dan kematian serta media "robot" sebagai cerminan manusia itu sendiri. Film-film ini berdurasi hanya 8 sampai 10 menit dalam bentuk animasi CGI yang melibatkan banyak penulis dan juga sutradara dengan berbagai cara pandang dan gaya visual. Beberapa komentar terhadap film pendek menunjukan kepuasan dan juga kedalaman makna yang disampaikan dari berbagai sisi penceritaan.

Berikut adalah contoh premis film pendek, Love, Death dan Robot Season 3 beserta logline dan juga Tema. Dalam penjabaran berikut, langkah pertama menggunakan "konsep" atau "ide cerita" yang diambil dari situs IMDB lalu diperinci dalam penjelasan sesuai dengan rumus SWS atau KKK yang digaris-bawahi*;

Baca juga :


01 Sonnie's Edge

Di dunia tarung bawah tanah mengadu binatang buas dimana Sonnie tidak terkalahkan -- selama dia mempertaruhakn segalanya.

Film ini menjadi pembuka dari seri animasi Love, Death dan Robots dengan adegan yang gelap penuh intirk dan juga menunjukan kebanalan manusia. Antara pertarungan, pertaruhan dan juga visualisasi bioteknologi dimana manusia bisa mengendalikan binatang raksasa untuk diadu. Film ini menggambarkan adanya sebuah pertarungan dimana monster yang termodifikasi secara genetik yang kemudian diadu kekuatannya melalui pengendalian jarak jauh. Sonnie, petarung yang ingin menjadi yang terbaik namun nyawanya selalu terancam didalam maunpun diluar kandang. Ending film ini juga merupakan penerapan red-herring dimana penonton tidak akan menyangka bagaimana kepalsuan itu bisa saja terjadi dalam bentuk informatif, teknologis dan juga biologis.

Logline; Apa jadinya jika kesadaran manusia bisa dipindahkan ke organisme lain ?

Tema; Jika manusia dimasukan dalam keadaan terpojok maka potensinya akan mencapai maksimal

02 Three Robots

Lama setelah kejatuhan umat manusia, tiga robot memulai tur keliling kota pasca-apokaliptik.

Film ini adalah satir modern yang disampaikan melalui tiga kawanan robot yang menggambarkan jika manusia punah oleh karena prilaku mereka sendiri. Sebuah kawanan robot yang ingin mempelajari prilaku manusia dari peningggalan mereka di bumi namun mengungkap adanya kontradiksi kecerdasan dan perkembangan teknologi. Film ini mencoba mengungkap bahwa kesederhaan itu adalah sumber dari kekacauan yang sempurna, dan bahwa manusia mempertaruhkan kehidupannya dengan kesalahan kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal. Film animasi ini punn muncul kembali di season 03 dengan kunjungan ke bumi yang sudah hancur dengan pesan cerita yang berbeda.

Logline; Bagaimana jika kiamat dan kehancuran manusia itu diakibatkan oleh sesuatu yang sangat kecil dan sederhana.

Tema; Jika yang kesalahan kecil bisa berakibat fatal maka yang kesalahan besar sudah pasti membinasakan. 

03 The Witness

Setelah melihat pembunuhan brutal, seorang wanita melarikan diri dari si pembunuh melalui jalan-jalan kota surealis

Film animasi ini menjadi sorotan karena sorotan visualisasi erotis yang menarik perhatian penonton dari sebuah pembunuhan yang membuka cerita ini. Penari erotis yang menyaksikan pembunuhan ingin kabur dari pelakunya yang melihatnya namun terperangkap ketidakpedulian megapolitian. Animasi ini adalah sebuah konsep yang menarik dalam menjelaskan hilangnya aspek waktu dan juga ruang dalam menjelaskan dunia modern yang tertutup dimana masyarakat sudah tidak lagi peduli dengan ekstrimisme sintasan.

Logline; Bagaimana jika ruang dan waktu menghilang karena ketidakpedulian ?

Tema; Jika kita tidak peduli dengan masyarakat maka sebaliknya, masyarakat pun tidak akan mempedulikan kita. 


04 Suits

Komunitas petani menggunakan mesin-mesin buatan mereka untuk mempertahankan keluarga mereka dari invasi alien.

Petani yang terserang alien ganas ingin menutup kebocoran benteng ditengah amunisi yang menipis dan juga perlatan yang serba mampet.

Logline; Bagaimana jika manusia mulai bisa bertani di planet asing, ditengah ganasnya lingkungan dan juga penghuni planet itu ?

Tema; Jika menaruh harapan diujung tanduk maka kehidupan itu hanyalah spekulasi


05 Sucker of Sould 

Dilepaskan oleh penggalian arkeologis, iblis yang haus darah melawan tim tentara bayaran yang dipersenjatai dengan... kucing?

Sekilas film animasi ini adalah pembuka dari sebuah laga aksi yang akan penuh horror, nyatanya komedi dalam bentuk satir dan juga juxtapose terjadi dalam narasi-narasinya. Penggalian arkeologi yang ingin mengungkap misteri makhluk penghisap darah namun membangunkan nosferatu, vampir terkuat yang memangsa mereka. Kucing, dijadikan tameng melawan monster penghisap darah dan juga tidak ada yang selamat sampai tengah film pertama. Film semacam ini membuat kita menebak-nebak siapa yang akan mati selanjutnya, dengan cara yang sangat brutal. 

Logline; Bagaimana jika sejarah vlad the impaler itu benar terjadi dan dia hanya tidur menunggu kebangkitannya?

Tema; jika kebringasan yang terpendam ribuan tahun maka ledakannya itu maha dahsyat


06 When the Yoghurt Took Over

Setelah para ilmuwan secara tidak sengaja membiakkan yogurt super cerdas, ia segera lapar akan dominasi dunia.

Ideologi tentang dunia utopis, tidak selalu harus dalam keadaan damai yang terntra, tetapi juga dalam keadaan tertekan dan absurd. Mendengar sebuah konsep masa depan di mana tidak ada kejahatan, keburukan maupun kerusakan akhirnya manusia menaruh nasibnya pada sebuah yoghurt intelegen. Akan tetapi, menyerahkan nasib kita pada makhluk ini ada kalanya ketidapastian membayangi sebuah akhir yang menegenaskan. Yohgurt dengan intelegensi tinggi berevolusi dan ingin terus berkembang namun harus berekspansi dan juga berkemungkinan meninggalkan penciptanya.

Logline; Ketika manusia tidak perlu memikirkan lagi masalah dan juga dillema sosial yang semua dikendalikan oleh intelegensi tinggi.

Tema


07 Beyond the Aquila Rift

Terbangun setelah menempuh perjalanan bertahun-tahun cahaya, awak kapal berjuang untuk menemukan seberapa jauh mereka telah pergi.

Pada angkasa yang luas ini hadir sebuah ungkapan horor dimana sekeras apapun anda menjerit, tidak ada yang akan mendengarkan. Lalu bagaimana jika kita tersasar dalam perjalanan angkasa ? Seorang kapten yang menemui kawan lamanya setelah loncatan jauh dari rute penerbagan ingin kembali ke dunia asal namun diketahui mereka jauh dari dunia asal, sangat jauh. Konsep film animasi ini menjelaskan betapa luasnya luar angkasa ini dan banyaknya kemungkinan cara kita bisa hidup, maupun mati dengan cara yang paling mengenaskan. Disitu, ketika bertemu wajah lama maka ada kalanya itu sudah cukup untuk setidaknya mengobati luka dan derita hilangnya asa maupun arah.

Logline; Bagaimana jika tersesat di alam semesta yang luas ini ?

Tema; Jika di belantrara angkasa ini kita menemukan kawan lama, maka bertanya-tanya bagaiaman itu bisa terjadi itu adalah lazim.


08 Good Hunting

Putra seorang pemburu roh menjalin ikatan dengan Huli-jing yang berubah bentuk.

Dunia dahulu kala penuh dengan mistis dan logika-logika yang sederhana. Di kala itu, hantu, siluman dan manusia berhubungan dalam sebuah cara yang unik. Anak dukun yang berkawan dengan siluman ingin menyambut dunia modern namun perlu meninggalkan cara-cara dan ritual mistis yang diyakini-nya. Sampai sekarang pun, hubungan itu akan selalu ada namun telah berubah dengan cara yang berbeda. Hantu di kala itu ada bayangan dan ingatan, sekarang menjadi hasrat akan keadilan dan juga sebuah keinginan yang menggebu. Siluman betina menjadi sebuah makhluk yang cantik tak berdaya, namun hantu (ruh) bisa muncul dalam bentuk berbagai hal; ruh dalam pencarian kebenaran, ilmu pengetahuan dalam hal Otomasi dan Mekanisme Robot.

Logline; Apa yang terjadi jika mistisme masih bisa dibangkitkan ditengah dunia modern  yang canggih?

Tema; Jika diyakini maka memang berada dan bisa diwujudkan

Baca juga
Contoh premis film Hollywood
Contoh sinopis cerita film
Cara menulis sinopsis film

09 The Dump

Dave yang jelek menyebut tempat pembuangan sampah itu sebagai rumah, dan dia tidak akan membiarkan pejabat kota mengambilnya darinya.

Seorang yang aneh (freak) tentu hanyalah manusia yang menginginkan kenyamanan, dan itu adalah hidup damai semaunya tanpa diganggu. Seorang kakek berbahagia ingin memelihara binatang ghaib namun ada seorang yang mulai mencurigai untuk mengambil kenyamanan itu. Norma-norma sosial, se-modern apapun tidak selalu bisa mentolerir hal tersebut. Tentu hal ini menjadi masalah bagi mereka yang tidak normal akan tetapi ingin dianggap normal. Kenormalan ini tentu akan menjadi sebuah masalah ketika saling bertikai mencari domainnya.

Logline; Apa jadinya jika abnormalitas itu hanyalah ilusi ?

Tema; Jika nyaman maka membahagiakan

*upaya penjelasan premis ini tentu bukan murni premis yang digunakan oleh penulis aslinya namun menggunakan reverse engineering yang diasumsikan oleh penulis artikel.

Selanjutnya bag. kedua

Posting Komentar

0 Komentar