Contoh Premis Film yang Menarik dan Unik Dari Hollywood

Membaca beberapa keinginan pembaca untuk membahas contoh premis film maka artikel ini adalah pembahasan premis film yang unik. Premis adalah ide cerita film yang mana dibuatkan sebagai langkah pertama dalam penulisan skenario atau naskah film. Premis Sederhana dibuat melalui rumus SWS atau KKK, yang terdiri atas unsur karakter, hasrat (keinginan atau kebutuhan) dan tantanganya (konflik dan kontradiksi). Penulisan skenario Film tidak selalu menggunakan premis sebagai Ide cerita tetapi juga bisa menggunakan logline atau tema.

Baca juga:
contoh premis film pendek
Kupas Tuntas cara menulis ide cerita film.
Membedakan antara Tema Cerita, Ide dan Premis.

Premis memiliki konsep yang sangat mudah untuk digunakan karena mengutamakan karakter dalam cerita (character-driven story) atau yang dikenal dengan archetype. Walaupun tidak semua cerita archetype menuntut perubahan pada karakter, ada proses dalam bentuk perjalanan atau pengungkapan yang dialami oleh karakter dalam memenuhi keinginan dan atau kebutuhannya. Premis adalah konsep atau ide cerita film yang juga dikenal dengan istilah low-concept idea, karena sangat teknis sedangkan dibandingkan logline dan tema yang dikenal dengan istilah high-concept idea. Sebuah ide cerita yang semakin mudah dibuat, biasanya semakin tidak teknis.

Berikut adalah premis - premis film Hollywood yang memiliki kombinasi unsur yang unik. Penjabaran melalui tahap sebagai berikut, langkah pertama menggunakan "konsep" atau "ide cerita" yang diambil dari situs IMDB lalu diperinci dalam penjelasan sesuai dengan rumus SWS atau KKK yang digaris-bawahi*;


Setelah menemukan asteroid seukuran Texas akan menghantam Bumi dalam waktu kurang dari sebulan, NASA merekrut tim pengebor-minyak untuk menyelamatkan planet ini.
Premis film Armageddon (1998) ini bisa dibuatkan dalam berbagai cara, diatas adalah salah satu cara menyusunnya tanpa harus mengikuti rumus tertentu. Sekumpulan pengebor minyak yang dikirim oleh NASA untuk menyelamatkan bumi, namun hanya diberikan waktu sebulan untuk mempersiapkan mereka. Premis ini sudah menggambarkan betapa banyak kemungkinan yang terjadi terutama dalam ungkapan "pengebor minyak" yang dikenal ugal - ugalan dan juga dituntu bekerja diwabah tekanan yaitu "dalam waktu sebulan" yang menggambarkan pertaruhan besar, terutama untuk menyelamatkan bumi. Serupa namun berbeda, tema-tema upaya manusia untuk menyelamatkann bumi dari kehancuran juga dipakai dalam film Deep Impact (1998), 2012 (2004), dan The Day After Tommorow (2012).

Seorang ahli cuaca Pittsburgh yang sangat egois, menemukan dirinya terjebak secara misterius di sebuah kota kecil dimana dia hidup di hari yang sama berulang ulang kali.

Premis film Groundhog Day (1993) adalah sebuah film ber-genre sains-fiksi dan juga komedi. Seorang introvert dan juga superego ingin keluar dari pengulangan hari yang sama berulang ulang kali dengan memahami sisi lain dari kehidupan manusia dengan empati. Cerita ini adalah contoh, fish out of the bowl dimana seorang kota datang ke kota kecil dan berusaha beradaptasi dengan kekuranganya, ditambah dengan keadaan yang terus menekan dirinya. Konsep film ini juga dengan ditambahkan dengan plot device yang dikenal dengan istilah déjà vu, adalah film dimana karakter mengalami hari yang sama berulang - ulang kali sampai dia mendapatkan jalan keluar dari pengulangan hari itu. Konsep film yang sama juga digunakan dalam film dengan berbagai genre seperti drama-cinta; Run lola run (1998) dan 50 first date (2004), gernre horor thrillerPrimer (2004) dan juga genre actionThe Edge of Tommorow (2014) dan Deja Vu (2006).

Riley pindah dari Midwest ke San Francisco, emosinya - Joy, Fear, Rage, Disgust, dan Sad - bertentangan namun bersama sama mencari cara terbaik untuk memahami kota, rumah, dan sekolah baru.

Premis film Inside Out (2015) dibuatkan untuk sebuah film animasi yang digarap oleh PIXAR. Premis diatas adalah sebuah pengolahan dari Cerita sekumpulan "emosi" yang berusaha mengarahkan seorang anak yang baru saja pindah kota, ditengah pendewasaan yang sangat kompleks. Film animasi ini menggambarkan bagaimana emosi dalam kepala, bak seseorang yang memgkoordinasi (ber-organisasi) dan juga mengarahkan seorang anak yang baru saja memahami dunia luar yang begitu rumit, berhubungan dengan orang tua dan juga ingatan - ingatan masa kecil yang mempengaruhi keputusan di lingkungan baru.

Detektif polisi urakan menemukan dirinya di tengah pembunuhan berkomplot pada pertandingan tinju terpenting namun telah menyelidiki semua saksi justru memberikan keterangan yang saling berlawanan.

Premis film Snake Eyes (1998), adalah cerita seorang detektif yang menyaksikan langsung pembunuhan ditengah pertandingan tinju dengan menyelidiki kesaksian yang saling bertolak belakang dan menyebabkan kerumitan dalam memahami realita. Film ini berakar dari sebuah film Jepang berjudul Rashomon (1950) yang digarap oleh Sutradara terkenal, Akira Kurosawa. Menceritakan pembunuhan melalui saksi - saksi dengan kerumitan yang serupa. Sebuah kesaksian pada satu kejadian yang saling memberatkan, dikenal luas dengan istilah "rashomon effect", sudut pandang (perspektif), versi atau interpretasi dan yang saling bertolak belakang sehingga sudah tidak masuk akal. Film dengan plot device ini juga digunakan dalam film Resevoir Dog (1992) pengungkapan cepu ditengah perampokan. Selain itu juga ada film, Usual Suspect (1995) dan Gone Girl (2014) yang bisa membuat penonton menjadi bingung dan bertanya tanya.

Tiga teman bangun dari pesta bujangan di Las Vegas, tanpa ingatan tentang malam sebelumnya dan bujangan itu hilang. Mereka berkeliling kota untuk menemukan teman mereka sebelum pernikahannya.

Premis film The Hangover (2009) menjadi unik karena ada sebuah intrik ditengah situasi komedi. Ungkapan "what happen in Vegas, stays in Vegas" adalah anggapan "kegilaan" seseorang yang bisa melampaui apapun dan bisa terjadi di "kota dosa" tersebut. Tiga sekawanan yang mengalami hilang ingatan akibat miras dan narkoba dan mencari sohibnya dan juga calon pengantin hanya dengan potongan-potongan ingatan sebelum acara pernikahan. Premis film ini menjadi wacana besar sehingga menjadi ekspektasi penonton setidaknya sampai 2 seri selanjutnya Hangover II dan Hangover III. Keinginan masing masing pada 3 sekawan inipun terus dieksplorasi sehingga menjadi sebuah konsep cerita yg unik, sampai ada perubahan pada setiap serinya.

Ketika hubungan mereka memburuk, pasangan menjalani prosedur medis untuk menghapus satu sama lain dari ingatan mereka.

Premis film Eternal Sunshine and Spotless Mind (2004) merupakan sebuah ramuan yang unik. Film ini merupakan salah satu film drama yg dibintangi oleh komedian Jim Carey. Sepasang insan yang terlahir untuk sempurna bersama, tanpa menyadari makna saling mengisi kekuaranan masing-masing. Joel, ingin melupakan dan menghapus ingatan bersama pacarnya namun selalu teringat kembali walau sudah terhapuskan. Pada masa edar film jni, kawula muda cukup tersihir dengan kisah misterius ini sehingga menjadikan film yg harus ditonton. intrik yg diperlihatkan di awal cerita ini adalah penurutan yg unik sehingga keinginan karakter tidak diketahui sampai setidaknya tengah film. Kemudian bagaimana tema sci-fi dalam upaya menghilangkan ingatan membuat kesan drama cinta semakin dirasakan. Pada akhirnya pun penonton terus menerus menebak nebak nasib karakter mempertahankan perhatian terus tertuju pada kelanjutan cerita.

Seorang penjual asuransi menemukan seluruh hidupnya sebenarnya adalah acara TV realitas.

Premis film The Truman Show (1998) adalah konsep dari isu siaran media tentang kebenaran dalam cerita. Seorang yang ingin mencari tahu keberadaan seorang perempuan misterius namun semua usahanya secara kebetulan selalu tergagalkan sampai upaya terhebat sekalipun. Aksi-aksi Jim Carey pada film-film drama selalu ditunggu tunggu apalagi dalam cerita film ini sebenarnya sudah bervelosi isu dalam eksploitasi "reality show" yang meledak pada tahun 90-an. Konsep yg sama EdTV (1999) juga mengangkat isu yg sama; yaitu batasan privasi dan juga konsumsi publik yg semakin menurun kualitas nya.

Dalam waktu dekat, seorang penulis kesepian mengembangkan hubungan yang tidak mungkin dengan sistem operasi yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhannya.

Premis film Her (2014) adalah sebuah konsep film romansa cinta dengan penggambaran dunia modern dan kompleks. Lelaki yang jatuh cinta dengan asisten virtual yang dikendalikan oleh intelegensi buatan (Artificial intteligent) namun menemui kerumitan yang sama dengan manusia biasa.

Lima siswa sekolah menengah bertemu dalam penahanan hari Sabtu dan menemukan bagaimana mereka memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang mereka kira.

Premis film The Breakfast Club (1985) adalah sebuah konsep cerita yg sederhana dengan menggunakan latar belakang pendewasaan remaja; menghadapi kesendirian dengan membuka diri. Sekumpulan siswa yang ingin melewati masa hukuman di sore hari dengan berkawan sesama siswa remaja namun diawasi oleh kepsek yang galak. Film ini berhasil menjadi cerita "coming of age" yg legendaris yg menunjukan bahwa dengan memiliki sifat terbuka persahabatan bisa terjalin dan bersama bisa memaknai kehidupan dengan lebih utuh.

Seorang pencuri yang mencuri rahasia perusahaan melalui penggunaan teknologi berbagi mimpi diberi tugas terbalik untuk menanamkan ide ke dalam pikiran seorang C.E.O., tetapi masa lalunya yang tragis dapat membuat proyek dan timnya menjadi bencana.

Premis film Inception (2010) adalah sebuah konsep cerita yang sederhana, menceritakan seorang pencuri ulung yang ingin kembali kepada keluarganya namun terhalangi sebuah misi yang begitu sulit, mengingatkan pada kematian istrinya. Premis film in tentu dilengkapi dengan sebuah logline yang sangat fenomenal, yakni bagaimana jika kita bisa memasuki mimpi orang lain ? dan digabung kan dengan tema; Jika bermimpi maka menjadi keinginan terdalam. Ketiga unsur film ini adalah kombinasi ide untuk sebuah film yang akan diingat sepanjang masa sebagai film yang "mind-blowing" karena mendalami hal "keinginan", "mimpi" dan juga harapan ".

Baca juga; 
Bagaimana menjadi penulis film tanpa latar belakang kuliah film ?
Contoh sinopis cerita film
Cara menulis sinopsis film

Jadi, sebelum kalian menuliskan naskah atau skenario film atau bagkan sinopsis sekalipun haruslah terlebih dahulu menuliskan premis dan logline - nya. Secara bertahap, premis dan logline dikembangkan menjadi sinopsis dulu sebelum kemudian menuliskan treatment dan akhirnya naskah atau skenario film.

*upaya penjelasan premis ini tentu bukan murni premis yang digunakan oleh penulis aslinya namun menggunakan reverse engineering yang diasumsikan oleh penulis artikel.

Posting Komentar

0 Komentar