Contoh Premis Film Pendek | Semua Premis dari Film Pendek Love, Death and Robot Season 3

Contoh-contoh ide cerita film bisa membantu kita memahami cara membuat film-film unik yang menarik. Contoh premis film dibaca dan kemudian dianalisa secara seksama untuk kemudian bisa digali potensi-potensi nilai yang filmik dan juga visualisasi yang menarik.

Berikut adalah contoh premis film pendek, Love, Death dan Robot Season 3 beserta logline dan juga Tema. Dalam penjabaran berikut, langkah pertama menggunakan "konsep" atau "ide cerita" yang diambil dari situs IMDB lalu diperinci dalam penjelasan sesuai dengan rumus SWS atau KKK yang digaris-bawahi*;


01 Three Robots: Exit Strategies

Sekawanan robot berjalan jalan liburan ke bumi post-apocalypse, mengkaji dan mempelajari kekacauan dan keputusa-saan dari upaya terakhir umat manusia untuk menyelamatkan diri dari kiamat.
Cerita ini muncul untuk kedua kalinya sejak season 01, menceritakan 3 kawanan robot yang sedang menghibur diri dengan pengetahuan yang lucu dan aneh dari manusia. Para robot yang sedang liburan ingin mempelajari hakikat kemanusiaan dari sebuah situs situs bersejarah yang memperlihatkan keserahakan dan juga keburukan manusia ketika tertekan sintasan

Logline; Apa jadinya jika akhir kehidupan manusia sudah terjadi di bumi dan para robot mencoba memahami apa yang terjadi sehingga bisa berakhir ?

Tema; Jika sudah tertekan dan terpepet, maka sifat manusia yang aslinya akan muncul.

Baca juga:
Kupas Tuntas cara menulis ide cerita film.
Membedakan antara Tema Cerita, Ide dan Premis.



Bad Travelling
Seorang anggota awak kapal yang berlayar di samudra asing membuat kesepakatan dengan monster laut yang rakus.

Cerita ini datang dari sebuah dongeng tentang Thanapod, yaitu sebuah kepiting raksasa yang memangsa para pelaut. Seorang kapten yang ingin menghancurkan dan membunuh monster laut yang terperangkap dalam lambung kapal namun menghadapi ABK yang sudah ketakutan dan hanya mau menyelamatkan diri.

Logline; Pengkhiatan dan ketakutan terjadi pada sebuah kapal, karena monster laut; Thanapod mengancam keselamatan semua awak kapal dengan meminta diantarkan ke sebuah pulau yang untuk makanan bayi bayi -nya . 

Tema; Jika ingin bertahan hidup maka harus bisa memanfaatkan kecerdikan


The Very Pulse of the Machine

Ketika misi eksplorasi ke bulan, Jovian berakhir dengan bencana namun satu-satunya yang selamat dan harus memulai perjalanan yang berbahaya dengan memperluas pikiran.

Cerita - cerita mengenai bertahan hidup di tengah alam yang tidak diketahui menjadi tema besar dalam film ini. Pada Season 01, kita bisa menonton Helping Hands yakni seorang astronot yang harus memotong tangannya sendiri untuk hidup. Kisah kali ini menceritakan Jovian, seorang astronot yang harus mendalami intelegensi manusia untuk hidup. Jovian yang harus bertahan hidup dengan menyuntikan obat -obatan mulai mencurigai bisikan - bisikan yang mengajaknya untuk bergabung ditengah ancaman ganasnya planet asing.

Logline ; Mendorong dan memaksakan semua potensi pikiran dan tenaga untuk upaya terakhir menyelamatkan diri, Seorang astronot melangkah masuk ke ujung kehidupan untuk memahami hakikat kehidupan dan juga kematian.

Tema ; Jika ingin memahami nilai kehiduapn maka satu pengalaman hidup penuh pun tidak pernah bisa mencakupinya.

Night of the Mini Dead
Kiamat telah datang dalam keminian - menelaah dunia dari perspektif microskopik dimulai dengan hubungan seks nakal yang terlarang di kuburan melalui fast-forward dan melaui lensa Ultra-Shallow Focus melihat kematian mengambil alih di mana-mana - dari pusat kota LA ke Vatikan.
Animasi memungkinkan seorang pendongeng untuk meceritakan berbagai hal terutama dari sudut pandang yang berbeda. Manusia yang bertahan hidup di tengah zombie apocalypse namun dihadapkan pandangan yang berbeda oleh para pemimpin dunia dalam mengatasi masalah tersebut. Cerita yang serupa juga diambil dari episode Ice Age di season 01 dimana sebuah peradaban terjadi dalam kulkas. Besarnya manusia dalam melihat keberlangsungan hidup berawal dari sebuah episode The Little People pada Twilight Zone (1962), dan sempat menjadi inspirasi pada acara TV lainya seperti The Simpson treehouse of Horror; The Genesis Tub (1996) lalu SouthPark; The Simpson Already did it (2002). Kesan film inipun sudah terasa dari tema yang dijadikan cara pandang kita pada dunia ini. Pada episode Rick and Morty ; The Ricks Must be Crazy (2015) yang memparodikan judul "the god must be crazy", menggambarkan tema besar cerita dengan genre ini, seperti apa yang dikatakan oleh tokoh pada akhir episode The Little People; cant you understand ? I AM THE GOD! 

Logline ; Apa jadinya jika kita melihat dunia yang besar ini dari sebuah lensa yang mencakup semua kejadian bak Tuhan melihat alam semesta ?

Tema ; Jika bisa melihat kehidupan menjadi kecil maka itu bisa menjadikan kita seolah BESAR.

Kill Team Kill
Pasukan Khusus AS dilatih untuk menetralisir segala ancaman bahkan mesin pembunuh sibernetik yang diciptakan oleh CIA. Senjata rahasia mereka, adalah Selera humor.
The Sucker of Soul adalah episode ke-lima dari season 01 yang juga bergenre serupa, komedi aksi yang menceritakan tentara dalam menghadapi maut. Pasukan elit yang memliki rasa percaya diri yang berlebihan ingin menghancurkan mesin pembunuh "Honey-Badger" namun mulai tergerus karena terperangkap dan kehilangan harapan. Cerita ini merupakan glorifikasi kehebatan para tentara ketika dihadapkan pada kematian, mereka menghadapinya dengan canda tawa yang tercampur dengan keputus-asaan. Binatang buas yang diciptakan sebagai senjata rahasia adalah bukti kesombongan manusia yang dihadapkan dengan juga keangkuhan pasukan yang berakhir pada kekacauan yang tidak terbendungi. Cerita ini adalah cara yang cukup menarik untuk menyampaikan betapa bahayanya untuk memiliki kekuasaan dalam mengubah keseimbangan alam dengan mengotak-ngatik kehidupan.      

Logline ; Apa jadinya jika kedua kekuatan yang saling merendahkan dihantamkan dalam sebuah pertarungan.

Tema ; Jika kedua pihak saling mengutamakan ego maka disitulah kehancuran dari keduanya

Swarm

Dua ilmuwan manusia mempelajari rahasia entitas alien kuno tetapi mengetahui sesuatu yang mengerikan tentang hakikat kehidupan di alam semesta.
Gambaran tentang keangkuhan manusia bisa disampaikan dengan berbagai cara dengan memperlihatkan pertaruhan bagaimana apa yang terjadi jika ada sebuah organisme yang lebih superior daripada manusia. Dua ilmuwan mencoba memanfaatkan kekuatan sebuah koloni makhluk asing yang lebih kokoh dengan diam-diam mencuri bibit-nya namun dibayangi kebringasan mereka. Rantai makanan adalah sebuah kenyataan yang memperlihatkan kedudukan makhluk hidup pada kehidupan alami. Manusia yang dikenal dengan berbagai cara untuk memenangkan kedudukan tinggi akhirnya dimanfaatkan oleh organisme yang ternyata diketahui lebih tinggi kedudukan intelegensinya.

Logline ; Apa jadinya jika ada makhluk hidup yang lebih cerdas daripada manusia ?

Tema ; Jika semesta alam ini luas maka tidak mungkin manusia satu satunya makhluk hidup yang cerdas

Mason's Rats

Seorang petani bernama Mason muali memahami dia memiliki masalah hama yang benar benar serius ketika mereka mulai menembak balik.
Manusia dengan segala kemampuannya menempatkan mereka sebagai spesies yang bisa memanfaatakan segala hal dan juga mencarikan solusi pada berbagai masalah mereka. Petani yang memberantas hama tikus dengan berbagai teknologi canggih namun timbul rasa empati terhadap pejuangan para tikus untuk hidup. Gambaran manusia yang bebas dapat diidentifikasikan dengan bagaimana perjuangan tikus-tikus melawan alat pembrantas hama yang menyerupai peperangan. Manusia dengan segala teknologinya juga masih bisa merasakan kemanusiaan yang enggan melakukan kebrutalan seperti halnya teknologi yang semakin canggih.     

Logline ; Bagaimana jadinya jika tikus berevolusi dan mengimitasi kehidupan manusia ?

Tema ; Jika ada kehidupan maka kehidupan itu pun akan mengikuti pola yang sama.

In Vaulted Halls Entombed

Jauh di pegunungan Afghanistan, pasukan tentara Pasukan Khusus memiliki tugas berbahaya untuk memulihkan sandera yang disandera teroris. Tetapi kejahatan yang mereka temui saat mereka menjelajah jauh di bawah tanah jauh lebih kuno dan menakutkan.
Sebuah misi penyelamatan sandera namun menjadi sebuah masalah besar ketika satu persatu anggota tentara penyelamat mulai berjatuhan mati akibat makhluk-makhluk dan perangkap kuil tersembunyi.

Logline ;  Makhluk yang paling ditakutkan, yang akan bangkit, ancaman Iblis yang dianggap hilang itu NYATA!  

Tema ; Jika ancamannya maha besa maka nyawalah perngorbanan yang sepadan



Jibaro

Ksatria tuli dan yang digoda oleh makhluk mitos sirene, dengan jeritan dan tarian yang mematikan. Daya tarik fatal yang dipenuhi darah, kematian, dan harta karun.
Ksatria yang dimangsa siluman betina ingin kembali ke pasukannya namun tergoda harta karun yang tersembunyi ditengah hutan misterius.

Logline ; Ketika dunia diliputi sebuah kekayaan (Gold) yang dibenarkan dogma (God) demi mencapai penguasaan (Glory)

Tema ; Jika telah mengambil maka bersiap siap lah untuk menerima.

*upaya penjelasan premis ini tentu bukan murni premis yang digunakan oleh penulis aslinya namun menggunakan reverse engineering yang diasumsikan oleh penulis artikel.

===akan diupdate 30 desember 2023=== 

Posting Komentar

0 Komentar