PREMIS SEDERHANA, dengan penyampaian yang paling sederhana


Kamu mau buat film, panjang atau pendek, video animasi atau cerita komedi, cerita horror ?? SEMUANYA harus dimulai dari KONSEP! nah itu, konsep; adalah gambaran tentang apa yang kamu ingin sampaikan apapun bentuk medianya, termasuk media FILM.

Kalau mau buat film, KONSEP itu lebih dikenal dengan istilah "Ide Cerita film". Karena yang namanya film itu pasti ada ceritanya, ada NARASI! Karena dalam film itu, terkandung banyak makna, banyak kejadian, banyak WOW, banyak inspirasi mengocok EMOSI, tetapi yang mendorong film terus berjalan maju adalah CERITA.

Film, yah terkadang ada eksyennya, berantem, bertarung, ada cintanya, ada misterinya. Namanya juga VISUALISASI itu dimaknai dengan berbagai cara, penonton itu ada-ada aja mengartikannya. Tetapi sebuah PESAN dalam film, iklan, berita atau apapun medinya itu adalah tentang PERUBAHAN.

kok ujug-ujug perubahan ? apa hubungannya ? Ini penjelasannya! 

Balik lagi nih ke KONSEP, Ketika kamu memikirkan cerita, konsep, apapun yang ingin disampaikan adalah yang ber "PROSES".

KONSEP itu adalah... yang tadinya nggak ada, tetapi sekarang jadi ADA... itulah perubahan, udah yah SEMOGA PAHAM. 

Liat iklan deh, dibuat, ditonton supaya pikiran penonton berubah menggunakan produk. Udah pake Produk A dibuat supaya berubah pikiran sehingga pake produk B. Udah beli produk, tambah lagi kebutuhan lain, udah semua kebutuhan terpenuhi, sadar lagi ada kebutuhan lain! Jadi tahu, sadar, berkembang!

LIHAT DUNIA! semuanya adalah PROSES PERUBAHAN!

Masih ada kata pengganti PERUBAHAN yang kurang lebih sama seperti; pertumbuhan, pendewasaan, pembelajaran, perpindahan, dll dst

Perubahan, yang terkandung dalam pesan pada sebuah media film dimilai dari "Ide Cerita Film". Ada banyak cara untuk membuat IDE CERITA FILM. Ada cara dengan menulis PREMIS, menulis LOGLINE atau menulis TEMA. Mau pake semuanya BOLEH, mau pake dua juga BOLEH, mau pake kombinasi dua BOLEH.

yang TIDAK BOLEH itu nulis cerita tanpa ide, mana itu idenya kemana-mana, pusing, mabok, yang baca dan nonton juga pasti bertanya tanya "ini tuh cerita apaan si ?!"

NAH... kalau mau nulis premis maka tulislah karakter, keinginan dan konflik dalam satu kalimat

Kalau mau nulis logline awali ide nya dengan "apa jadinya jika.....?"

premis CONTOHNYA; si jaki yang boloho (bodoh), ingin pinter dan juga cerdas tetapi gurunya galak

logline CONTOHNYA; apa jadinya jika seorang bodoh, mendapati sekolah dengan mutu yang paling buruk?

Satu rentang cerita, adalah perubahan yang terjadi. Hal itu bisa terjadi apa saja, kalau kasusnya premis si Jaki ... contohnya tetiba gurunya diganti, pindah sekolah, taunya si jaki didatengin jin cerdas kiriman akinya, macem-macem. Itu terserah selera penulis, pikirkan SEKREATIF MUNGKIN.

Dalam sebuah cerita ... kalau karakternya yang nggak BERUBAH, yang keadaanyalah yang bisa BERUBAH, kalau keduanya nggak berubah ya PENONTONNYA lah harus BERUBAH!

Si jakinya berubah sadar kalau pinter itu perlu perjuangan

Si jaki ngga pinter pinter, tapi akhirnya lingkungannya sadar untuk menghargai seorang yang ingi pinter.

Terus kalau cerita horor, apanya yang BERUBAH ??? ya ada lah yang berubah, YAAAA setidaknya penonton yang tadinya ngga tahu, menjadi tahu ... BERUBAH KAN?! yang tadinya takut jadi berani, atau sebaliknya yang berani malah jadi takut. Contohnya penonton jadi tahu, kalau membunuh Drakula itu perlu usaha, mengandalkan kayu, bawang putih, sama peluru perak... ??? 

Nah kalau pesannya beda-beda, kalau itu wajarlah, kan cara memaknai nya juga BERBEDA-BEDA.

Menulis skenario film atau cerita fiksi yang paling penting itu PENULISNYA. Premis itu buat penulis agar dia bisa menulis dengan lancar. Tetapi dari premis tidak langsung ditulis menjadi naskah ada tahapannya. Dari premis, menjadi SINOPSIS, TREATMEN, baru deh terakhir tulis NASKAH atau draft pertama.

Logline bukan buat penulis, tetapi buat temen kamu yang suka nanya nanya; kamu mau nulis apa ? nah KASIH deh tuh logline.

Kalau kamu presentasi di depan sutradara atau produser, nah KASIH deh tuh LOGLINE.

PREMIS, LOGLINE dan TEMA... nah kalo tema itu apa??

TEMA itu adalah pesan yang diulang ulang dalam cerita, walaupun setiap kali disampaikannya secara beda. Bisa aja satu kata CONTOHNYA; cerita bertema takdir!! atau cerita tentang perjuangan!!

TAPI, kalau kaya gitu, kita nggak dapet kedalaman pesannya, maka dalam menulis TEMA bisa juga si dibuatkan LOGIKA IMPLIKASI... dengan nulis JIKA - MAKA 

Contoh, 

jika TAKDIR maka TIDAK BISA DIHINDARI. atau
jika BERJUANG maka anda DICAPAI. 

Nah seru kan ? kalau cerita perjuangan terus tapi ngga berhasil hasil atau sukses, kan nggak lucu. Gitulah, pokoknya SUKSES, jual ide, dapet DUIT, jadi KAYA. itu ide saya, mana IDE KAMU?!

**ini adalah artikel penulisan lepas yang terinspirasi dari Nancy Duarte, uncovers common structure of greatest communicators yang dapat dilihat dari gambar diatas "Suavitos Baking Spice" dimana mempertaruhkan segalanya untuk hal-hal kecil, bersemangat!! Penulis menggunakan cara penulisan yang antusias dengan emosi yang meledak-ledak.

Posting Komentar

0 Komentar