Langkah Pertama untuk Memulai Menulis


Memulai tahun 2022, kita akan memulai seri artikel yang mencoba mendorong pembaca untuk memulai menulis (apapun) secara sederhana. Untuk sampai bisa menulis naskah film memerlukan proses. Yuk kita mulai dengan seri pertama yaitu “Bagaimana cara memulai menulis?”Akan tetapi "memulai" itu satu hal karena sesungguhnya, hal lain yang benar - benar menjadi langkah pertama adalah menjawab pertanyaan yang telah disebut.

Kita pasti membaca atau melihat berbagai artikel bertajuk “Sukses Menjadi Penulis” (atau semacamnya) dan setelah ditimbang - timbang, modal penulis itu hanya ide dan merasa tertantang untuk menjawab pertanyaan itu. Apalagi di era digital sekarang, tidaklah sulit untuk melakukan atau menerbitkan tulisan sendiri. Hal itu sah - sah saja, tetapi kita harus sadar bahwa yang kita pikirkan itu adalah sebuah bentuk konsumsi karena pada saat itu sedang menerima informasi. Sekarang, waktunya kita bisa mengubah konsumsi informasi menjadi produksi informasi.

Kita mungkin adalah seseorang berusia muda tanpa pengalaman menulis. Atau kita adalah seorang penulis yang sudah terlatih namun kehabisan ide. Keduanya, sedang menemui persimpangan yang bisa disimpulkan dalam beberapa pertanyaan. Pertanyaan itu bisa saja sederhana, tetapi mengandung sebuah makna; Apakah menulis ini dilanjutkan atau berhenti dan mencari alternatif lain? Dan ternyata, jawaban itu tidak harus dijawab dengan segera karena sambil berfikir kita juga bisa mencari kepastian. Silahkan membeli buku dan sebuah pena khusus yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan ini. Harus sebuah buku dan bukan kertas, yang mana kita bisa tulis dan dibaca kapanpun dan dimanapun kita membawanya.

Untuk menjadi seorang penulis, bisa langsung menulis dan tanpa berfikir dimana tangan sampai ke ujung pena sudah menyatu. Menulis dan dengan lancar, tanpa ragu membuat kalimat pertama. Kita pasti sedang berfikir apa yang akan menjadi kalimat pertama ini. Bagaimana dengan menulis kalimat di bawah ini?

“Saya sedang menulis dan sebenarnya saya agak sulit dengan keadaan ini, karena ini adalah hal yang baru.”

Menulis, kita diberikan kebebasan. Dalam rangka mencari jawaban, seorang penulis bisa melatih diri dengan menulis secara konstan selama 3 menit dan disitulah kita bisa lihat kemampuan menulis diri sendiri. Proses ini, melatih otak, tangan dan pena dikenal dengan istilah proses auto-writing. Akan tetapi ini adalah jawaban sementara, dari pertanyaan “Apakah saya layak menjadi seorang penulis?”. Silahkan coba menulis apapun hanya untuk dapat memenuhi syarat 3 menit tersebut. Kita tidak harus menulis sesuatu yang penting, kita hanya melatih bagaimana bisa menulis dengan lancar.

Baca Juga;

Setelah 3 menit, tentu apa yang kita tulis adalah bukti yang memperkuat jawaban dari pertanyaan “Apakah menulis ini dilanjutkan atau berhenti dan mencari alternatif lain?” kita harus bersyukur bahwa apapun yang ditulis itu bisa berkembang dan bisa diperbaiki seiring waktu.

Seorang penulis pemula mungkin baru bisa menulis sebuah kalimat sederhana, dan itu adalah langkah awal bahkan untuk bisa menulis maha karya, menulis naskah film. Silahkan coba tulis lagi, jika bersemangat, tambahkan waktunya sekarang menjadi 5 menit. Kita harus ingat, kegiatan ini setidaknya harus rutin bertahan selama sebulan. Jadi walaupun kita bersemangat sekarang, kita tetap harus menjaga semangat ini dengan mencari tahu apa yang kita akan tulis selanjutnya. Semua terjadi dengan bertahap, kemampuan ini bisa saja melalui proses dengan dengan menuliskan naskah film pendek dan kemudian perlahan menulis naskah film panjang.

Tiga menit sehari, lalu menjadi 5 menit sehari atau kita bisa membagi menjadi 2 menit dan atau kita bisa membeli 2 buku yang isinya auto-writing dan satunya adalah penulisan dengan tema lain. Bebas - bebas saja, yang penting konsisten. Mampu menulis skenario film itu bisa dimulai dengan terlebih dahulu menulis skenario film pendek, semuanya melalui proses dan itu bertahap. 

Kemudian mari kita lakukan sesuatu yang lebih menarik, dari semua yang kita tulis, kira kira apa yang menjadi pesan kita? Apa yang sering kita tulis? Inilah yang paling penting bagi seorang penulis. Karena penulis itu banyak, mungkin ratusan ribu, bahkan puluhan juta penulis. Namun kita harus bisa berbeda. Istilahnya, apa yang membuat kita standout dari semua penulis - penulis itu? Silahkan juga kita jawab pertanyaan - pertanyaan ini dalam bentuk tulisan yang kita sedang latih. Kemudian sambil kita menjelajahi tulisan untuk mengetahui apa pesannya, kita juga cari tahu “Mengapa pesan yang istimewa itu dan kenapa penting untuk disampaikan?"

Pada tahap terakhir dari Langkah pertama ini adalah mencoba untuk memberanikan diri agar seseorang mau membaca tulisan kita. Inilah kenapa kita perlu guru atau sekelompok orang yang juga sedang melakukan kegiatan yang sama. Menulis itu sangat menantang, itu bisa menyulitkan diri sendiri jika kita tidak memiliki teman menulis.

Menulis, berteman dan memperbaiki keterampilan, mengembangkan bakat adalah gambaran besar pada Langkah pertama ini. Mari kita simpulkan Bersama
  1. Beli buku dan pena.
  2. Mulailah menulis dengan cara auto-writing, tentukan waktu yang hendak dicapai 3 - 5 menit (per hari) dan kemudian membaca apa yang ditulis. Menulis di hari kerja, membaca di hari libur. auto-writting tidak perlu menggunakan kaedah penulisan yang sempurna, yang penting memanfaatkan secara maksimal dengan melaju terus sampai waktu habis.
  3. Menulis auto-writting boleh saja menjawab pertanyaaan - pertanyaan seperti;
    • Apa pesan yang hendak saya sampaikan?
    • Kenapa pesan ini perlu saya sampaikan?
    • Jika saya perlu merubah pesan saya (karena tidak menarik) apa alasannya?
    • Jika saya telah merubah pesan saya dan terasa masih ragu, apa langkah selanjutnya yang saya harus lakukan agar menjadi lebih pasti ?
  4. Memastikan kita memiliki teman menulis agar bisa saling berbagi tulisan.
  5. Terus lagi menulis dan pertahankan kegiatan ini setiap hari setidaknya selama sebulan.
Selain auto-writting, menjawab pertanyaan, kalian juga bisa menuliskan berbagai hal dan mengkelompokan dalam bentuk daftar, yang dijelaskan dalam artikel daftar-daftar wishlist penulis

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang akan membahas bagaimana kita bisa mengembangkan bakat menulis. Temukan orang - orang yang suka menulis dan bisa saja kita membentuk sebuah komunitas menulis, karena yang paling penting dari penulisan adalah “berbagi”. Kalian bisa bergabung dengan komunitas menulis kami di telegram disini; Belajar Menulis Skenario Film jika kamu mengalami kesulitan masuk ke grup tersebut silahkan kontak admin-nya.

===UPDATE JANUARI 2023===
Silahkan bergabung untuk belajar menulis sekrip dengan bergabung pada link Google Classroom Belajar Menulis Skenario FILM. Ada banyak materi dan latihan ada penilaian setiap minggu, kelas berlangsung dalam 4-6 bulan GRATIS.

Posting Komentar

0 Komentar