Contoh Pembelajaran Penulisan: Analisa Skrip Komik Karya Reno Waseso #2

Dalam artikel ini, kita akan bahas kembali tentang skrip mulai dari bagian - bagiannya sampai bagaimana kita menulis skrip dengan baik. contoh naskah film ini juga masih menggunakan sebuah skrip yang dibuat untuk terbit pada sebuah komik yang ditulis oleh Reno Waseso Putro Utomo

Lihat pembahasan sebelumnya: Analisa Skrip #1

Dalam melakukan analisa skrip kali ini perlu ditekankan kembali bahwa dalam penulisan kita harus melakukan transformasi sehingga kita bisa memberikan "revisi" dan harus diingat, penulisan yang utuh adalah melakukan penulisan ulang (rewrite). Ide cerita bisa muncul begitu saja, karena sumbernya adalah pemikiran maka ide bisa saja sama. Kemudian ide, hanyalah sebuah angan - angan yang tidak berbentuk jika tidak diwujudkan. Menulis ulang adalah proses refining, yang mana usaha untuk mewujudkan, membuatnya menjadi unik, dan juga mempertegas tujuan.

Pertama sebuah skrip harus terlebih dulu jelas tujuannya dengan melihat kembali premis dan sinopsis cerita. Jika premis tidak bisa digunakan secara umum, karena ini hanya bagian dari sebuah cerita besar maka bisa digunakan logline. Berlaku sama untuk sinopsis, jika memang hanya mencerita satu cuplikan bagian (sequence) maka silahkan buat sinopsis yang hanya memiliki satu plot. Dalam skrip ini seolah ada beberapa plot yang sebenarnya bisa saja diasumsikan demikian, tapi hal itu tidak memiliki kesinambungan. Skrip ini ditulis ulang dengan kebutuhan yang sangat sederhana yaitu "refining" pada unsur tata cara penulisan dan untuk memunculkan visualisasi yaitu menggunakan bahasa yang lebih menonjolkan penampakan/pencitraan.


Baca juga;

Selain menekankan tata cara penulisan dan visualisasi dalam skrip, salah satu kebutuhan refining ini adalah mengeksplorasi karakter yaitu menulis dialog sesuai dengan kaedah karakterisasi seperti yang telah diberikan di bawah ini.


Contoh #1

Contoh #2


Contoh #3

Silahkan lihat secara keseluruhan agar kita dapat melihat contoh - contoh lain dan juga catatan dalam refining dan added value sehingga bisa dimengerti secara utuh.

Dalam menulis skrip ini kita menggunakan software Final Draft 8 yang disimpan dalam format .PDF. Seperti pada analisa pertama, akan kita perlihatkan skrip original yang diberikan kepada kita sehingga bisa terlihat perubahannya. Silahkan lihat naskah asli pada Skrip Asli dan naskah yang sudah di tulis ulang pada Skrip Revisi. Skrip ini menggunakan bahasa Inggris dan diperlukan 4 jam dalam penulisan ulang-nya (revisi), artinya revisi ini termasuk yang medium.

Untuk pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Bagi yang ingin menyerahkan naskah-nya untuk dianalisa silahkan mengunjungi halaman kontak yang terletak pada menu navigasi website.

Posting Komentar

0 Komentar