Proses Kreatif untuk Memulai Sebuah Cerita

Jika nggak ide, maka bacalah. Kalau udah baca tapi masing bingung maka nulis-lah. Kalau udah nulis masih juga bingung, carilah pola dalam tulisan itu.
Menulis cerita adalah sebuah kreatifitas, dan memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Memulai belajar menulis cerita untuk skrip (naskah) FTV, drama teater, Sinetron maupun skenario film diperlukan modal utama, yaitu kreativitas.

Apa itu kreatif?  apa hubugannya dengan dunia menulis? Pertama, kata ini berasal dari kata Create, yang bermakna "menciptakan" artinya orang kreatif itu adalah orang yang selalu menciptakan. Kreatif itu termasuk inovatif, namun tidak sekedar memikirkan kreatif namun sebuah proses yang sangat sederhana. "Ambil yang lama dan tambah yang baru... selesai!" kalau ada orang yang berfikir kreatif itu sebuah proses yang rumit maka dia akan mengalami kerumitan seumur hidupnya, kreatif itu selalu menuju "selesai" dengan menghindari kerumitan sebisa mungkin. Kalau anda masih rumit jangan sebut diri anda kreatif!

Kreatif itu seperti kemampuan seorang koboi bermodalkan satu peluru untuk mengalahkan segerombolan bandit. Seseorang tidak terlahir kreatif, dia melatih dirinya dalam periode waktu tertentu (proses yang memakan waktu). Semua orang bisa kreatif, kita dituntut untuk kreatif. Tetapi orang banyak bertanya bagaimana kita bisa kreatif? 

Untuk mempelajari penulisan ide cerita film dalam bentuk lain bisa membaca Kupas Tuntas cara menulis ide cerita film atau Logline v.s. Premis



Untuk membaca dan melihat contoh premis silahkan baca Contoh Premis Film Pendek dan Contoh Premis Film Hollywood

Sebelum anda berlanjut, coba anda kembali baca kalimat - kalimat diatas. Maka dengan demikian anda akan mengerti dengan kalimat ini; 
Kreatif adalah sebuah kemampuan untuk memberikan solusi karena, dia pasti menciptakan sesuatu untuk digunakan.
Kreatif memang selalu dikenal sebagai cara bagaimana manusia menggunakan akal dan pikirannya untuk menyelesaikan masalah. Aplikasi teknologi juga bisa disebutkan sebagai salah satu aspek penting dalam kreatif, maka observasi dan penelitian sudah pasti menjadi salah satu bagian penting dalam kreatif. Pada intinya, kreatif muncul dimana anda dihadapkan pada sebuah masalah, dan anda ingin menjawabnya dengan tepat (dan cepat).

Kemudian baca kembali kalimat - kalimat diatas. Maka dengan demikian anda akan mengerti dengan kalimat:
Kreatif adalah sebuah kemampuan untuk menyelesaikan sebuah masalah karena dia telah menyederhanakan apapun itu yang dia sederhanakan.
Karena anda harus melatih diri kamu dalam periode waktu tertentu (proses yang agak lama) maka kembali-lah lagi untuk membaca baca kalimat - kalimat di paragraf pertama. Sehingga kamu pasti mengerti bahwa:
Kreatif selalu menciptakan "perubahan" dan akan "mengubah" anda, karena semua bertumpu pada "yang lama menjadi baru" atau sebaliknya dan selanjutnya
Kalau dalam paragraf ini anda mengira kami tidak akan meminta anda membaca kembali kalimat - kalimat diatas maka anda salah, cobalah dengan tabah membaca kalimat - kalimat dari awal paragraf pertama untuk kedua, ketiga, ke-empat atau bahkan berulang - ulang karena nanti, setelah selesai membacanya kembali anda akan semakin tahu apa itu kreatif. Orang - orang kreatif, selalu mencari cara yang cepat untuk menyelesaikan masalah, itu benar! Anda harus kreatif untuk menjadi kreatif. Coba saja lihat bagaimana kami sebagai penulis dengan cara yang kreatif membuat anda membaca sesuatu berulang - ulang namun masih berkesan dan merasakan sesuatu yang berbeda, yang baru dalam setiap pengulangannya, KREATIF!


untuk mempelajari bagaimana menulis sinopsis kalian bisa membaca artikel menulis sinopsis dengan 3-act stucture


Katakanlah ada seseorang telah menemukan cara singkat menghitung, maka seorang kreatif akan mencari cara untuk lebih singkat lagi untuk menghitung, beberapa tahun kemudian akan ada seseorang yang menciptakan cara yang lebih singkat lagi dan seterusnya. Namun seorang kreatif tidak akan mencari cara untuk tidak menghitung (atau sebaliknya, karena dia telah menciptakan sebuah robot untuk melakukan semua urusan pemikiran dan hanya bermalas - malasan santai), karena kreatif adalah akumulasi dari semua cara yang pernah terjadi (jelas kan kenapa proses kreatif berhenti jika andaikan robot yang melakukan semua pekerjaan manusia?). lihatlah ukuran chip, dari yang berukuran micro sampai ke nano dan bahkan pada ukuran quark yang berukuran atomik.

Tetapi apakah kreatif itu terpaku pada masalah media, penulisan, menyanyi, bersenang - senang (baca; main - main)? Industri kreatif adalah bahasan yang paling hangat di era informasi ini. Komunikasi yang menjadi pusat pengolahan pada industri kreatif membuatnya sangat penting sehingga "media" menjadi salah satu payung besar pada modus produksi kreatif. Karena maksud kreatif adalah mengotak - ngatik konteks (bingkai) dan konten (isi) sehingga terjadi komunikasi yang efektif (perlu diketahui bahwa effective communication adalah tantangan bagi disiplin ilmu komunikasi, Communication science) maka "kepenulisan" yang mencakup pesan dalam media menjadi sebuah bahasan kreatif dalam komunikasi. Pada saat ini, "kepenulisan" belum pernah ada atau dibahas pada bahasa Indonesia dan tentu itu adalah sebuah perubahan besar dalam proses kreatif ini. Lalu apa hubungannya dengan senang - senang?

Bicara tentang perubahan, ada sebuah buku yang pernah ditulis oleh Rhenald Khasali, anda dapat membelinya atau mencari cara untuk bisa meminjam dengan gratis buku itu untuk memahami apa itu "perubahan". Karena perubahan itu penting untuk Anda dan karya Anda, karena setiap kali anda melakukan proses kreatif kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang sangat berbeda dari waktu ke waktu.

Untuk mempelajari membuat premis film lebih mendalam bisa membaca artikel Premis sederhana. Jika anda ingin membaca langsung proses penulisan skenario, anda bisa mempelajari cara menulis skenario film pendek

Mencari cara menyelesaikan masalah, mencari solusi, mengubah itu semuanya adalah mencari pola pola dalam kehidupan. Menulis, bercerita menulis premis itu sesederhana menemukan pola-nya
Jadi ingat, kreatif adalah menyelesaikan masalah, menciptakan solusi, kreatif itu sederhana, kecil dan imut (tidak besar, dan berbulu seperti Gorilla). Kreatif adalah perubahan. Sekarang dalam proses belajar menulis cerita ini, anda harus memulai untuk meyakini diri sebagai seorang kreatif yang penuh dengan ide perubahan.

Bagaimana menurutmu? bagaimana proses kreatif menurut kalian? silahkan komentar di kolom bawah ini. Proses kreatif bisa dilanjutkan dengan upaya untuk menulis, silahkan artikel dibawah ini bagaimana menuliskan ide ide kreatif dengan melalui artikel Langkah langkah untu memulai menulis dan juga artikel Masih bingung dalam memulai menulis ?

Posting Komentar

0 Komentar