Tantangan ter - Berat Menulis


Ini adalah seri artikel dalam memulai menulis sebagai pemula. Seorang penulis bisa menulis berbagai hal seperti artikel, cerpen, naskah, unek2 di diary / jurnal opini, editorial dll. Semua penulis dibekali dengan akal sehat yang mana bisa menghubungkan logika - logika yang ada di masyarakat. Kemampuan menulis itu termasuk memahami struktur bahasa, memahami konteks / konten, dan memahamai tren. Selain modal pemahaman juga harus giat, rajin, dan juga harus fokus. Tapi itu bukan tantangan yang berat bagi seorang penulis.

Dalam artikel berseri ini, banyak sekali pemahaman dan juga langkah - langkah yang perlu dipikirkan dan itu hanya satu masalah. Penulis di era modern ini, dimana arus informasi begitu cepat dan sangat luas harus memiliki ciri khas yang tersendiri. Apapun itu adalah daya tarik, dan ciri khas itu tidak harus sesuai dengan harapan. Itu terjadi begitu saja, karena di dunia ini sebagian penulis memahami apa yang dia ketahui. Bagi dia, menulis itu adalah mencari nafkah.

Ada sebagian penulis, yang mengatakan bahwa "kalian tidak perlu menyenangkan semua orang" bahwa isi tulisan atau tindakan itu tidak bisa sempurna, itu betul walaupun tidak perlu disampaikan. Ada juga hal serupa yang mengatakan bahwa "Tulisan itu apa adanya, dan kebenaran itu menyakitkan" adalah sebagian gambaran dari isi tulisan yang beragam yang mana tidak perlu sesuai dengan harapan pembaca.


untuk memahami ketidaksesuain harapan penulis dalam menghadapi kegagalan bisa membaca artikel Kritik Penulis

Penulis, sebagai orang yang menyampaikan ide tidak selalu diterima oleh masyarakat sebagai pembaca. Seorang penulis bahkan bisa menghabiskan sepanjang hidupnya sebagai orang yang terbuang dari masyarakat, yang mana ide idenya dianggap ekstrim. Itulah mengapa penulis dianggap pemberontak, seorang yang berbeda dan ingin selalu merubah cara pandang khalayak.

Seorang penulis, memiliki banyak tantangan dan itu adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapinya. Selain mengalami penolakan, penulis juga bisa saja mengungkap kebenaran yang mungkin tidak akan bisa diterima oleh mayarakat. Tetapi seorang penulis pemula, yang baru saja mengambil langkah pertama dalam menulis harus bisa melihat semua itu seperti halnya dia menaiki tangga. yakni menaikinya satu demi satu, berkembang dan mungkin saja bisa mencapai puncak. Seorang penulis pemula, adalah penerus dari generasi penulis penulis pendahulunya. Dia memiliki kemampuan akal, dan wawasan yang lebih canggih. Dia adalah inovator dalam menyampaikan pesan pesan yang bermakna dan juga inspiratif. 

Seorang penulis boleh bermimpi, dia bisa menerbitkan buku sebagai best-seller. Berharap karyanya disadur dalam beberapa bahasa, dibaca dan diapresiasi oleh semua orang di berbagai belajan dunia. Seoranng penulis, adalah orang terdepan dalam perubahan zaman karena isi pikiran mereka mempengaruhi pembacanya dan mengantarkan pada peradaban yang modern. Akan tetapi, jika kalian ingin memilih menulis cerpen atau artikel blog demi sebuah iklan, itupun dimaklumi.

Seorang penulis harus banyak membaca untuk bisa menghasilkan ide, dia harus bisa memprosesnya secara kreatif. Jika dia sudah mendapatkan ide, maka dia akan menuliskannya dalam bentul logline dan premis, dia akan mengembangkan karakter dan juga menuai konflik dari narasi tersebut. Namun itu semua bukan tantantang terberat penulis.


untuk memhami perubahan bisa membaca ide logika dan perubahan 

Tantangan terberat penulis itu banyak sekali, namun salah satu yang paling utama bagi seorang pemula adalah mengambil langkah pertama itu dan itu adalah "menyelesaikan tulisannya"... satu anak tangga adalah satu karya tulisan. Banyak sekali penulis, yang menyimpan tulisannya dan akhirnya tidak pernah selesai. Dalam kehidupan seorang penulis, dia menggambarkan hal - hal yang besar tadi karena dia merasa perlu untuk melakukan itu. Padahal hal - hal kecil pun sangat berarti. Itulah mengapa seorang penulis juga perlu memikirkan capaian kecil. Hidup ini terdiri atas keberhasilan kecil, dan itu dimulai dengan menyelesaikan satu per satu. Sebuah gunung yang tinggi, dimulai dengan gundukan tanah yang ada di depan mata.

Baca Juga;
Bagaimana menjadi penulis film tanpa latar belakang pendidikan film ?
Masih bingung dalam langkah langkah menulis ?
Narasi adalah perjalanan

Capaian capaian ini, milestone ini penting untuk diselesaikan karena tidak ada yang instan di dunia ini. Apalagi seorang penulis, yang mengangungkan perubahan, pemberontakan yang memakan waktu dan juga kesabaran. Tidak semua penulis menyadari sebuah proses, karena di zaman modern seperti ini dimungkinkan sebuah cara cara instan untuk berhasil. Padahal sebenarnya, cara itu juga berakhir dengan cara yang juga instan.

Posting Komentar

0 Komentar