Menulisfilm.com

  1. Film pendekar ; membahas kenapa cerita itu dimulai dengan manusia (karakter), juga membahas bahwa otak kita yang tidak linier tetapi perlu menuliskan karya dalam dengan cara berfikir linier.
  2. Tujuan penulis menulils cerita ; membahas kenapa pesan itu lebih efektif disampaikan dalam bentuk cerita
  3. Kesalahan penulis pemula ; membahas bagaimana seseorang menyatakan dirinya sebagai seorang penulis dan perlu belajar menulis.
  4. Langkah pertama untuk memulai menulis ; membahas bagaimana dan juga kenapa tahapan itu harus dilakukan oleh seseorang yang telah menyatakan dirinya seorang penulis.
  5. Cara kreatif untuk memulai sebuah cerita ; membahas bagaimana mengolah semua hal yang ada di pikiran anda dalam bentuk skema yang mudah dipahami, serta bagaimana mengelola agar pikiran kita kreatif dan solutif.
  6. Cara memulai menulis cerita sederhana ; setelah memahami hal-hal diatas yang bersifat abstrak (tidak berwujud dalam otak) diperlukan cara yang sederhana untuk mengolah semua pikiran itu menjadi bentuk pesan yang tertulis.

Cara menuliskan apa yang dipikirkan dalam otak (yang tidak linier) dalam bentuk konsep mendasar, yang paling mudah dipahami, bisa dilakukan secara sederhana namun juga efektif serta juga sudah baku karena diakui oleh penulis-penulis lainnya.

  1. Kenapa penulis gagal bercerita? Membahas permasalahan utama dalam menulis cerita ; membahas kenapa sebagian besar penulis tidak bisa menggambarkan ide atau konsep dasar (dalam pikirannya), juga tidak bisa dipahami atau didiskusikan dengan orang lain karena sifat berfikirnya.
  2. Catatan Pengajar | Peserta ajar baru tapi menggunakan ilmu lama;  membahas beberapa penulis yang sudah memiliki asumsi, keyakinan dan kepercayaan tersendiri dalam menulis namun selalu putus asa sehingga perlu merubah cara berfikirnya dengan cara-cara yang baku dan sistematis.
  3. Perbandingan Film Pendekat Indonesia,  antara barat dan timur ; membahas bagaimana sebuah cerita itu berangkat dari cerminan diri seorang penulis sebagai karakter cerita, dan bagaimana menempatkan cerminan tersebut sebagai cara pandang dalam menulis cerita.
  4. Writer's Journey, perjalanan menemukan jati diri seorang penulis ; juga masih membahas cerminan diri seorang penulis sebagai karakter yang perlu berubah dengan menambah ilmunya melalui belajar dan mencari informasi yang tepat dan absah, sehingga menghindari informasi yang keliru dan membingunkan dalam belajar
  5. PREMIS SEDERHANA, dengan cara penyampaian yang paling sederhana ; membahas kenapa premis itu adalah keutamaan, sebuah cara yang sistematis dalam menyampaikan cerita. Selain premis juga harus disertakan logline, tema dan judul dalam memulai menulis cerita.
  6. Mitos menulis skenario film ; membahas ekspektasi yang keliru (mitos) seorang penulis.

Cara menulis konsep cerita, berupa ide ide yang dianggap sebagai kompas atau benih cerita

  1. Kupas Tuntas Cara Menulis Ide Cerita Film ; membahas tahapan penulisan yang dikenal cukup luas diantatra para penulis dalam menulis cerita (novel, film, cerpen atau komik dll.).
  2. Tahapan menulis dari ide sampai naskah ; membahas persamanaan atau pola yang sama dalam cerita film, novel, karya fiksi, komik maupun cerpen dengan memberikan gambaran umum dari awal sampai akhir.
  3. Ide, logika dan perubahan ; membahas kenapa cerita sebagai pesan, penting ditulis dengan cara bertahap dan alasan dibalik pentingnya tahapan-tahapan tersebut. 
  4. Daftar-daftar penulis, wishlist ; membahas bagaimana memilah ide yang memiliki keutamaan dan juga penting untuk cerita, serta memanfaatkan sisa ide lainnya untuk bisa dipakai dalam cerita dengan metode menulis wishlist.

Posting Komentar

0 Komentar